Selasa, 23 Mei 2017

arabic software



ARABIC SOFTWARE


MAKALAH
disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kombiuter Araby yang diampu oleh
Drs. Tatang, M.Hum


 

 


Oleh:

                                                    Fakhri Iqbal. M           1606758
    Hilma Tausiah             1607976    
    Elva Eka. B                 1604171                
    Nisa Awaliyatul. F       1601772




DEPARTEMEN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2017




Assalamu’alaikum Wr. Wb.

            Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa mengaruniakan kita dengan limpahan rahmat serta kasih sayang-Nya.  Sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan Nabiyyullah Muhammad SAW sang uswatun hasanah, penyempurna akhlak manusia, dan pemberi syafaat bagi kita semua di yaumul akhir. Tak lupa doa kebaikan kita hantarkan kepada para sahabat-sahabatnya dan seluruh umatnya di dunia.
            Alhamdulillahirabbil’alamiin, segala puji bagi Allah SWT yang telah meridhoi kami mengerjakan makalah ini hingga selesai tepat waktu. Kemudahan dan tantangan setia mengiringi proses pembuatan makalah berjudul Software Arabic. Dalam makalah ini, kami menyajikan pemecahan masalah dalam kegagalan Instalasi software pada komputer dan beberapa contoh software yang terpercaya untuk memudahkan proses pembelajaran bahasa Arab.
            Terimakasih kami haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah wajib Kombiuter Araby, Bapak Tatang yang memberikan bimbingan dan saran secara kontinu. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kami sendiri  dan masyarakat. Kritik dan saran kami tunggu sebagai bahan perbaikan ditugas-tugas kami selanjutnya. Atas kelebihan dan kekurangan kami mohon maaf dan sebagai penutup kami mengucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Bandung, Mei 2016
Penulis





PENDAHULUAN


Dewasa ini, peran teknonogi informasi semankin penting, dikarenkaan saat ini kita sudah memasuki era informasi (information age), maksudnya adalah informasi telah berevolusi menjadi sebuah kebutuhan yang fundamental. Semua aspek kehidupan bersinggungan dengan informasi. Dunia mulai menjadi satu dengan globalisasi. Manusia mau tidak mau harus mengikuti arus perubahan dan dihimbau cerdas dalam menyesuaikan diri. Ilmu pengetahuan berlomba-lomba menciptakan inovasi dan terobosan teknologi tepat guna yang memudahkan kehidupan manusia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai globalisasi tidak hanya melulu soal inovasi telekomunikasi, transportasi dan bisnis. Dunia pendidikan juga ikut terkena dampak dari kemajuan teknolgi yang serba cepat dan instan sepeti sekarang. Salah satu contoh  nyata yang kita hadapi sekarang adalah penggunaan mesin proyektor dalam kelas, pemasukan datasbase siswa secara digital, hingga proses Ujian Nasional yang telah mulai menggunakan CBT (Computer Based Test) system.

      Tentunya perkembangan ini mempunyai pengaruh positif dan negatifnya tersendiri. Adapun hal positif yang dapat kita ambil ialah proses pembelajaran dapat dilalui dengan mudah, efisien dan lebih optimal dengan bantuan perangkat-perangkat dalam menunjang media pembelajaran. Sehingga hasil pembelajaran dapat dicapai sesuai harapan. Akan teatpi, jika perubahan ini tidak bisa digunakan dengan baik oleh aplikator (baca: pendidik), hal ini akan menjadi semacam boomerang bagi kredibilitas pendidik itu sendiri. Oleh sebab itu, pendidik dituntut mampu mengoperasikan teknologi secara maksimal.

      Salah satu pendayagunaan teknologi dalam pendidikan adalah penggunan software sebagai media pembelajaran. Kemajuan taraf kehidupan masyarakat yang pada akhirnya mendekatkan komputer dengan anak-anak sebagai pesrta didik menguntungkan pendidik untuk mengaplikasikan metode ini. Terlebih lagi, software-software pembelajaran semakin menjamur saat ini. dapat kita temukan software-software yang menyangkut beberapa bidang studi seperti astronomi, matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa bahkan agama.

      Dalam mata pelajaran bahasa, ada empat kemampuan bahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik, antara lain: menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Untuk mewujudkannya, pendidik diharapakan mampu berinovasi dengan cara pembelajaran yang tidak monotone. Khususnya bahasa Arab, jumlah pendidik dan peminatnya terus bertambah mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahlkan lanjut usia. Jika peluang ini tidak disambut dengan kesiapan yang matang oleh pendidik, maka akan sanagt disayangkan bila nantinya bahasa Arab akan kehilangan tempat dalam hati peserta didik.

      Masalah yang dihadapi pendidik bahasa Arab tidaklah sedikit. Mulai dari kemampuan individu yang berbeda-beda, hingga waktu pembelajaran yang dirasa kurang. Oleh karena itu, di sinilah peran teknologi sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan-tantangan yang menyangkut jarak dan waktu. Pendayaguanaan software dalam komputer yang lazimnya sudah banyak dimiliki peserta didik mampu mendorong peserta didik untuk belajar mandiri atau sekedar untuk latihan. Maka dari itu, penulis merasa perlu untuk menulis tentang permasalahan software dan bahasan tentang software arabic yang direkomendasikan.


Dari uraian later belakang sebelumnya, penulis merangkum beberapa hal yang perlu dibahas sebagai berikut:

1.      Apa itu software?
2.      Bagaimana cara mengatasi software yang gagal diInstalasi?
3.      Apa saja rekomendasi software arabic?

Dalam menyusun makalah ini, penulis menggunanakan dua metode penelitian, yakni dengan wawancara kepada mahasiswa semester empat manajemen informasi BSI Kaliabang Bekasi, Mutiara Fatichah, kajian pustaka dan penelusuran bahan menggunakan internet.


Penulisan makalah ini diharapkan mampu mencapai tujuan penulisan serta perolehan manfaat bagi diri kami sendiri khusunya.

1.      Memahami konsep dasar software dan dapat menjelaskannya kembali
2.      Mampu mengatasi masalah-masalah Instalasi dan mengajarkannya
3.      Mengaplikasikan software-software arabic yang direkomendasikan dalam pembelajaran





PEMBAHASAN


Dalam Sutarman (2009: 144) dijelaskan bahwa software adalah sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang memberi perintah kepada komputer untuk menjalankan suatu pengoperasian terhadap data yang diinput oleh user. Secara halus, software dapat kita ibaratkan sebagai sebuah jiwa dan hardware adalah raganya. Keduanya merupakan komponen yang tidak terpisahkan.

1.      Fungsi perangkat lunak

Software atau perangkat lunak tentunya memiliki fungsi yang vital dalam pengoperasian komputer, diantaranya:

a.       Meyiapkan aplikasi program komputer agar terkontrol
b.      Mengidentifikasi program
c.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

2.      Jenis-jenis perangkat lunak

Di dalam dunia sistem komputer, kita mengenal dua jenis softwaresecara umum. Yang pertama adalah software sisitem operasi (operating system) dan yang kedua adalah software aplikasi (applications software). Adapun secara lebih khusus, software dapat dikategorisasikan ke dalam lima jenis. Mereka adalah sistem operasi, bahasa pemrograman, program aplikasi, alat bantu (utiliy), dan user program.

            Hal yang akan dibahasa lebih rinci di sini adalah aplikasi software. Perangkat lunak aplikasi merupakan program-program yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk para pemakai yang beroperasi dalam bidang umum, seperti, pertokoan, penerbitan, komunikasi, penerbangan, perdagangan, pendidikan dan sebagainya. (Sutarman, 2009: 147)

Aplikasi perangkat lunak memiliki jenis sebagai berikut.

a.      Proprietary Application Software

Kebutuhan bisnis yang unik untuk suatu perusahaan. Software ini dibuat di tempat sendiri (in-house) oleh anggota organisasi sistem informasi atau oleh waki (commisioned) sebuah perusahaan. Contohnya bisa kita lihat pada bisnis transportasi yang menjamur belakangan ini. seperti: GO-Jek, Grab-Bike, Uber dan lain-lain.

b.      Off the Shelf Application Software

Software ini dapat dibeli atau disewa dari vendor yang membuat program dan menjualnya ke beberapa organisasi. Software ini merupakan paket standar untuk kegunaan yang spesifik atau bisa juga dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Contohnya adalah beberapa software desain dan pendidikan.


Ketika kita telah menemukan sebuah software aplikasi yang kita butuhkan, tidak jarang kita menemui kendala dalam instalasi yang mengakibatkan gagalnya software tersebut terpasang di dalam komputer kita. Penulis menyajikan dua masalah yang paling sering ditemui dalam instalasi software dengan cara mengatasinya.

1.      BIT tidak sesuai.

Bit dapat dikatakan sebagai ukuran atau standar kapasitas komputer. Ada dua karakter bit yang ada dalam setiap komputer: 32 bit dan 64 bit. Kesesuaian kapasitas komputer dan software harius seimbang agar perintah yang nantinya diberikan mampu terolah secara maksimal.

a.       Komputer dengan 32 bit memiliki kemampuan lebih rendah dibanding 64 bit. Software yang ukurannya 64 bit jelas tidak bisa dipasang dalam komputer yang 32 bit.
b.      Komputer dengan 64 bit biasanya berukuran besar baik RAM maupun lebar layarnya. Komputer ini masih bisa menerima software yang berukuran 32 bit, hanya saja kemampuan komputer itu sendiri menjadi turun dan tidak maksimal.

Cara mengetahui ukuran komputer kita dapat dilakukan dengan melihatnya pada control
panel atau menuliskan “dxdiag” pada fungsi search di laman utama.

2.      File corrupt

Hal yang menyebabkan masalah ini muncul biasanya karena proses pemindahan data ke flashdisk tidak sempurna. Secara mudah dapat dipahami bahwa tidak semua komponen software tercopy. Ada dua cara yang mungkin kita lakukan untuk mengatasinya:

a.       Menonaktifkan semua pengaturan di windows firewall. Hal ini sedikit membuka jalan agar datanya beroperasi, namun resikonya terlalu besar karena virus yang tidak teramankan.
b.      Mendapatkan file baru yang sempurna. Hal ini yang paling masuk akal dan mudah dilakukan, meskipun menyita waktu tetapi kerugiannya sangat minim. Berbeda dengan solusi sebelumnya.

Selanjutnya, penulis akan berbagi beberapa rekomendasi arabic software yang terpercaya.

1.      Rosetta stone.

Rosetta Stone merupakan sebuah aplikasi yang berguna dan bermanfaat sekali terutama untuk anda yang sedang belajar dan memperdalam bahasa baik itu bahasa inggris, jepang, german,china, arab, prancis dll. Software ini sangat cocok sekali bagi anda terutama para pelajar, mahasiswa yang ingin memperlancar bahasa asing tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun layak nya seperti kursus bahasa.

Beberapa Fitur yang terdapat dalam Rosetta Stone :

a.        Voice recognition / Dynamic Immersion :
Fitur ini membantu meningkatkan kemampuan melafal atau berbicara dengan menggunakan fitur keren " dynamic speech recognition" untuk membandingkan lafal kalian dengan lafal asli penduduk asli.

b.       Listening :
Rosetta Stone menggunakan penduduk asli untuk mengajari kita mendengarkan, sehingga bikin kalian cepat memahami bahasa sehari harinya, dan mengembangkan kemampuan mendengarkan dan memahami secara mudah dan alami.

c.        Reading :
Mengembangkan kemampuan membaca kalian dengan menggunakan topik objek, aksi dan kejadian sehari hari

d.      Typing :
Fitur ini untuk berlatih menulis bahasa yang sedang kalian pelajari dengan bantuan program ini. Tinggal tulis apa yang kalian dengar, dan program ini akan dengan hati hati dan teliti memeriksa hasilnya.


2.      Kamus Munawwir
Kamus al Munawir adalah kamus bahasa arab-indonesia terlengkap, terdapat lebih dari 1500 halaman. Software ini sangat membantu dan praktis karena kita bisa menggantikan kamus al Munawir berbentuk buku yang berat.

3.      Rapid typing
Rapid typing semacam permainan yang dirancang untuk melatih kemampuan menulis arab di komputer, jari-jari kita dilatih untuk bergerak secara dinamis mengikuti perintah. Pada akhir setiap level kita mendapat penilaian kecepatan, akurasi dan sebagainya.

4.      Arabic School Learning
Software ini sangat direkomendasikan untuk peserta didik usia 6-10 tahun. Dikarenakan materi dan tampilannya yg sesuai, hanya berupa pengenalan kosakata benda-benda sekitar dengan kombinasi gambar dan suara. Namun, software ini masih belum dapat didapatkan secara bebas. Kita diharuskan membelinya secara legal.

5.      Maad Lughoh
Software kali ini datang dari elafqar.blogspot.com. Software Bahasa Arab terlengkap dan terluas serta terbaik yang pernah kami miliki, sofware ini digunakan oleh Jami'ah Islamiyah di Madinah Al-Munawwarah Saudi Arabia, kami kira sofware ini lebih bagus dan lebih lengkap dari pada sofware " Al-'Arabiyyah bayna Yadayk ", mengingat dalam sofware ini terdapat materi yang sesuai untuk tingkat paling bawah sampai tingkat advance " Al-mustawa Ar-Rabi' ", dengan aneka variasi dan tahap materi yang disajikan, tidak hanya itu, sofware ini juga mencakup semua keilmuan Islam dan bahasa Arab.

6.      Arabic Morphology System
Sarf adalah program engine yang bisa menurunkan bentuk-bentuk kata bahasa Arab, seperti pengasalan kata (etimologi), kata benda (gerunds), dan perubahannya. Baik kata yang berwazan atau bentuk awalnya tiga huruf (tshulatsi) atau empat huruf (ruba’i), sesuai dengan kaidah tata bahasa (nahwu) dan bantuk kata (sharaf). Sedangkan,  ilmu Morfologi menurut wikipedia adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal.

Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik. Software ini dibuat oleh Al-Munadhamah Al-Arabiyah Lit Tarbiyah wa Tsaqafah Wal Ulum yang dikepalai oleh Dr Amin Al-Qalq dan dibantu sekitar delapan programmer yang lain, salah satu programmer handalnya adalah Kefah Isa.

7.      Naatiq
Software ini memiliki fungsi utama sebagai pembaca tulisan Arab atau merubah text menjadi suara, baik tulisan Arab tersebut sudah ada harakatnya atau belum, jadikita tinggal tulis /copas tulisan Arab yang kita kehendaki lalu software ini yang akan membacanya, dan kita tinggal mendengar bacaannya, mudah bukan?

8.      Misykaal
Mishkal, merupakan satu software yang berfungsi menambahkan harakat pada kalimat bahasa arab yang masih belum ada harakatnya seperti yang ada dalam kitab-kitab berbahasa arab, kita cukup tulis atau copas tulisan arab yang tak berharakat tadi kedalam software ini, kemudian software ini akan menambahkan harakat pada tulisan tadi. Program ini dikembangkan oleh Thoha Zaruqi seorang developer FOSS asal Algeria(Al Jazair) .

Software ini juga bisa meringatkan tugas kita apabila semisal sedang menulis tulisan berbahasa arab, namun kita masih merasa kesulitan memberi harakat, atau akan menyita waktu kalau harus memberi harakat satu persatu.





PENUTUP


            Sebagai pendidik, kita wajib menguasai teknologi agar bisa menggunakannya secara bijak dalam proses pembelajaran. Khususnya dalam mata pelajaran bahasa Arab. Dibutuhkan banyak media pembelajaran yang mendukung empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, membaca, berbicara dan menulis.  Salah satu solusi yang dapat mengatasi kebutuhan ini adalah dengan pendayagunaan software. Hal ini sangat memungkinkan dilakukan mengingat fasilitas dan akses yang semakin cepat dan mudah didapat.
Software merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam anatomi komputer. Peran dan fungsinya yang vital terhadap operasional komputer membuatnya patut untuk dipelajari. Definsi software adalah hal mutlak yang wajib diketahui sebelum nerlanjut ke bagian lain. Ada banyak definisi tentang software tetapi secara halus, software dapat kita ibaratkan sebagai sebuah jiwa dan hardware adalah raganya. Keduanya merupakan komponen yang tidak terpisahkan.

Dalam cakupan yang lebih luas, kebutuhan software untuk pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih kompleks. Tidak hanya dibutuhkan software untuk mendukung empat keterampilan berbahasa seperti yang telah disebutkan. Akan tetapi, dibutuhkan juga software yang menyokong pembelajaran qawaid atau grammar selanjutnya dikenal dengan istilah nahwu dan sharf. Jadi, telah dirangkum delapan software pembelajaran bahasa Arab terbaik untuk direkomendasikan kepada para pendidik, antara lain: Rosetta Stone, Rapid Typing, Arabic School Learning, Maad Lughoh, Kamus MunawirMisykaal, Naatiq, dan Arabic Morphology System.


Setelah melihat dan meninjau ulang pembahasan dalam makalah ini, penulis memiliki dau saran untuk diperhatikan. Pertama, penjelasan masing-masing software harus lebih detail terlebih dalam hal pengoperasiannya. Kedua, referensi bisa ditambahkan dengan beberapa website online yang sudah termashur di kalangan pendidik bahasa Arab.



















DAFTAR PUSTAKA


Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Afdhilla, Zulfan. 9 Mei 2016. Download Software Bahasa Arab Gratis. [Online].             Tersedia: http://www.zulfanafdhilla.com/2013/01/download-software-bahasa-arab-   lengkap.html?m=1. 24 Januari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar